Belajar Visualisasi Data Pakai Tableau

adrian.pramiadi
5 min readJul 5, 2023
Photo by Lukas Blazek on Unsplash

Pendahuluan
Kebetulan saya sedang ikut course Analytics and Data Science. Course ini meng-encourage pesertanya untuk melakukan latihan untuk memahami beberapa case study dan juga untuk menampilkan hasil karyanya sebagai portfolio. Ya bisa dibilang inilah yang akan saya lakukan dengan artikel ini. Kalau ada salah dan kurang, silahkan komen ya. Terima kasih

Case Study
Menjual properti tidak semudah yang dibayangkan orang kebanyakan. Faktor harga menjadi salah satu yang teratas penentu apakah cocok atau tidak. Selain itu, ada zona sekitaran rumah yang menjadi faktor untuk dijadikan bahan pertimbangan dan dapat memudahkan pembeli mengambil keputusan untuk tertarik melihat dan survey lokasi.

Challenge: Dengan dataset yang kamu miliki, bantulah salesman dengan menentukan strategi yang tepat berdasarkan dataset yang tersedia.

data set -> Source

Insight

Menjual properti itu cukup sulit. Kita perlu tahu produknya(properti) seperti apa speknya. Salah satunya perlu tahu juga kekuatan yg kita miliki yaitu jumlah unit yg siap jual dan ke siapa menjualnya.

Sebelum masuk ke strategi, kita perlu melihat bagaimana kondisi dan situasi produk yang kita miliki. Dari hasil analisa, kamu memiliki banyak stok properti untuk tipe Residential Low Density(RL). Berdasarkan namanya, RL adalah tipe tempat tinggal yang memiliki tingkat kepadatan rendah. Asumsikan tingkat kepadatan rendah ini adalah area yang jumlah hunian sedikit dan jaraknya antar unitnya cukup lebar.

Dengan jumlah unit yang mendominasi stok, hal pertama adalah kita bisa fokus menjual tipe RL terlebih dahulu dibandingkan tipe lain. 79% tipe RL mendominasi total stok unit kita.

Kita juga bisa mengambil langkah untuk mem-branding perusahaan properti kita lebih kuat lagi di pasar. Pengenalan brand kita bisa diarahkan ke calon customer kita adalah dengan semangat “Ingin tempat tinggal aman, nyaman dan privat, cari aja di Perusahaan Kita”.

• Kita punya Banyak stok untuk tipe zona Residential Low Density

• 79% stok rumah kita adalah Residential Low Density

Masuk ke dalam harga jual. Dilihat dari rentang harga untuk tipe RL ini, rata-ratanya adalah $190.032. Ini adalah harga yang terjangkau dan worth it untuk didapatkan karena tipe RL ini menawarkan aman, nyaman dan privat. Stok terbanyak untuk tipe RL ada di rentang harga $125.000 s/d $150.000 sebanyak 237 unit.

$125.000 s/d $150.000 adalah rentang harga yang bisa membantu kamu untuk menentukan kepada siapa kamu harus menjual. Kamu hanya perlu mencari tahu kalangan dari pekerja kelas mana yang dengan sedikit merogoh koceknya, mereka bisa membeli unit ini. PR kamu dimulai dengan mencari tahu calon pembeli seperti apa yang mempunyai gaji sekitar $125.000/tahun.

• Rentang harga Residential Low Density dan stok terbanyak adalah $125.000 s/d $150.000 dengan jumlah unit 237

• Rata-rata Harga Jual untuk Residential Low Density adalah $190.032

Well dalam segala hal sebaiknya punya backup plan. Dan taraaa, kamu sudah punya itu. Jika menjual tipe RL lagi seret atau jenuh, kamu bisa menyentuh ke tipe unit lainnya. Residential Medium Density(RM) adalah backup plannya. Tipe RM adalah nomor dua terbanyak setelah RL. Rentang harganya pun yang tidak terlalu jomplang antara $100.000 s/d $125.000 dengan unit sebanyak 67 dan $125.000 s/d $150.000 sebanyak 64 unit. Rata-rata harga jual tipe RM ini adalah $122.533.

Dengan medium density dan harga yang sangat terjangkau kamu bisa membuka peluang lebih besar lagi untuk menawarkan ke calon pembeli yang lebih luas.

Scenario 1
Apabila kamu sedangkan menawarkan tipe RL, jangan lupa kamu tawarkan tipe RM. Hal ini menjadikan tipe RM sebagai pembanding untuk tipe RL dan memberikan value lebih ke tipe RL.

Scenario 2
Kamu bisa menawarkan tipe RM ini ke calon pembeli yang merasa tipe RL terlalu mahal buat mereka.

• Rentang harga Residential Medium Density dengan stok terbanyak adalah $100.000 s/d $125.000 dengan stok sejumlah 67 unit

• Harga Jual rata-rata untuk Residential Medium Density adalah $122.533

Untuk insight selanjutnya adalah kamu punya tipe Floating Village(FV). Apa sih informasinya dari tipe FV ini? Dengan stok yang sedikit, limited dan unik, kamu bisa tawarkan ini ke miliuner di tiap-tiap kota yang kamu ketahui. FV ini adalah stok nomor tiga terbanyak dari koleksi properti kamu. Karena designnya unik dan zona nya berada di atas bukit, maka wajar kalau harganya di atas rata-rata dari RL dan RM. Range harga dengan stok terbanyak untuk tipe FV ini adalah $175.000 s/d $200.000 dengan ketersediaan hanya 15 unit saja. Oh iya rata-rata harga Floating village ini adalah $201.998.

Dari faktor harga dan jumlah unit saja kita bisa tahu baiknya menjual ke calon pembeli yang seperti apa.

•Rentang harga Floating Village dengan stok terbanyak adalah $175.000 s/d $200.000 dengan unit sejumlah 15 unit

•Rata-rata harga jual untuk Floating village adalah $201.998

Pada bagian ini, informasinya hanya sebagai penguat dari insight sebelum-sebelumnya. Dari grafik, kita bisa tahu bahwa tipe RL memiliki range harga yang cukup bervariasi dan median harganya pun cukup mahal, $174.000. Sedangkan untuk tipe RM, range harganya tidak terlalu jauh dan median harganya pun hanya $120.500. Tipe FV sudah jelas terlihat ini hanya untuk kalangan jetset atau mampu saja, yang cukup rela untuk mengeluarkan $200.000 untuk rumah unik dan bagus secara estetik.

Secara urutan,

  1. RL banyak stoknya dan cukup terjangkau
  2. RM stok tidak terlalu banyak tapi harga terjangkau. Banyak harga diluar nalar juga
  3. FV rentang harga termasuk mahal dan stok lebih sedikit

Actionable Item

  1. Fokuslah untuk menjual tipe RL
    • Stok yang banyak
    • Range harga yang terjangkau
  2. Karena stok kamu didominasi oleh tipe RL, mulai siapkan strategi branding yang tepat. Tujuannya untuk memberikan unique selling point ke calon pembeli dan memberikan nilai pembeda dari kompetitor.
  3. Kamu punya backup-plan dengan menjual tipe RM. Tipe RM bisa dijadikan pembanding atau dijadikan substitusi. Siapkan visual untuk tiap tipe properti dengan baik sehingga bisa calon pembeli bisa melihat perbedaan.
  4. Latihlah salesman kamu untuk storytelling dengan baik sehingga bisa mengarahkan dan persuasi yang baik. Dengan narasi “ RM dijadikan pembanding untuk RL
  5. Jika kamu ingin tipe RM,RL,FV laku banyak, ajarilah salesman kamu untuk bersosialisasi dan networking dengan baik. Dengan tujuan untuk mendapatkan calon pembeli yang sesuai dengan tipe produk yang kamu punya

--

--

adrian.pramiadi

How do you…? Show me how you do it? Do you have something in mine about this? What is your biggest concern? Would you please elaborate? I just want to wrap up.